Senin, 12 November 2012

Uniknya Sel-sel dalam Tubuh Kita....



          
Setelah  kemarin kita membahas tentang otak, di postingan saya kali ini, saya ingin mengupas sedikit tentang  sel, Karena otak kita yang sebegitu canggihnya pun tersususn dari  triliunan sel yang saling bekerja sama, artikel saya kali ini, saya dapatkan setelah membaca buku karangan Dr. Husen Al-Bajry .M.D., Ph.D yang  berjudul “Tubuh Kita adalah Dokter Yang terbaik”      
okey...enjoy read it *^_^*....
1.   Sel Yang Sangat Kecil Memiliki Keunikan Yang Sangat Luar Biasa      


Apabiila kita amati sel secara sepintas di laboratorium, kita akan tertipu oleh penampilannya yang begitu sederhana,seolah-olah tampak kaku. Padahal sebenarnya masing-masing sel dalam tubuh tidak jauh berbeda dengan kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan kota-kota metropolitan yang lainnya, yang tidak henti-hentinya disibukkan oleh berbagai jenis kegiatan.

Ilmuan Inggris pada tahun 1663 berhasil membuktikan bahwa tubuh kita merupakan makhluk hidup yang terdiri atas satuan-satuan terkecil yang diberinama Sel.

Sebagai layaknya kota besar, setiap sel memiliki ratusan sampai ribuan generator listrik, tenaga dan pabrik bahan bakar, jaringan komunikasi yang rumit, sistem transportasi, sistem keamanan, bahkan bagaimana manajemen samapai pun harus diperhatikan, dan terkelola dengan baik, agar kota tersebut berjalan dengan aman, tentram dan teratur guna warganya dan kemajuan kotanya.

2. Sel Memiliki Sistem Pertahanan Yang Sangat Canggih, Dilengkapi Sistem Sensor Otomatis

Ada sekitar seratus triliun sel dalam tubuh manusia dewasa, yang digolongkan kedalam lebih dari 200 jenis kelompok sel dengan bentuk yang beraneka ragam.

Seluruh aktifitas sehari-hari kita sangat tergantung pada setiap sel-sel dalam tubuh kita. Contohnya, , sewaktu kita membaca artikel ini, sel-sel batang dan kerucut matalah yang menerima bayangan huruf-huruf tulisan ini, lalu dikirimkan ke otak untuk diterjemahkan.

finally...i recommended you to read this book too !!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar