Rabu, 28 November 2012

Dag-Dig-Dug- (HATI.... ?!?) Ku -BLINK


Namun hatiku jadi rindu
Ingat kelakuan nakalmu
Ini semua terasa lucu
Aku rindu kamu
Dag dig dug hatiku (dag dig dug hatiku)
Dag dig dug hatiku (dag dig dug hatiku)
Dag dig dug hatiku
Cinta cinta cinta tlah datang padaku
Malu malu malu ku akui itu
Tapi tapi kamu tlah menawan hatiku
Cintaku bersemi di putih abu-abu
- BLINK- 

     Pasti teman-teman sudah sering dengr lagu ini kan ??? atau jangan-jangan malah udah hafal banget liriknya ?!? 
        Siapa sih yang nggak tau lagu yang dibawakan oleh 4 personil cantiknya dalam naungan girl band yang mereka beri nama BLINK !!
Eits....tapi disini kita bukannya mau nggosipin atau pengend nge-booming.in  lagi lagu mereka, tapi coba deh teliti lagi lirik lagu diatas !! ada yang aneh nggak sih ?!?
udah ketemu belum ??
ya udah deh, daripada kelamaan mikirnya, mending kita jawab bareng-bareng ya...
okey check it out !!... ;)

Yang Dag-Dig- Dug, sebenernya Hati atau Jantung Sih ???



nah...Udah dapet pencerahan belum, nah disini nih letak kesalahannya, waduh mbak" BLINK pada salah nyangka nih, karena yang Dag-Dig-Dug itu bukan hati tetapi Jantung kita. kenapa ?? Karena jantung kita tidak pernah berhenti untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh kita termasuk otak karena dari darah lah, sari-sari makanan yang dibutuhkan di distribusikan,sebab  keterlambatan dalam menyalurkan darah berakibat teramat fatal terhadap tubuh kita, keterlambatan 1 detik penyaluran darah pada otakbisa menyebabkan orang tidak sadarkan diri alias Pingsan, apalagi beberapa menit...wah... bisa-bisa nyawa kita yang melayang...

hiyy.....

Bagaimana sih cara Jantung Memompa darah ke Seluruh tubuh kita ??



Jantung secara sederhana adalah sebuah pompa yang terdiri dari dua bagian, yaitu bagian mekanik dan bagian satunya lagi adalah bagian listrik. Kedua bagian ini saling berkaitan, karena fungsi mekanik jantung sendiri diatur oleh sistem listrik di dalam jantung. Sistem listrik ini sebenarnya dapat dipengaruhi oleh neurotransmitter dari otak (atau alat pacu jantung buatan). Tapi karena kita hanya berbicara tentang jantung hari ini, kita hanya akan fokus pada kemampuan sistem pada jantung.






 Anatomi Jantung

Jantung adalah sebuah pompa yang memiliki empat bilik. Dua bilik yang terletak di atas disebut Atrium, dan dua yang di bawah disebut ventrikel. Jantung juga dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kanan yang bertugas memompa darah ke paru-paru, dan bagian kiri yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Atrium dan ventrikel masing-masing akan dipisahkan oleh sebuah katup, sedangkan sisi kanan dan kiri jantung akan dipisahkan oleh sebuah sekat yang dinamakan dengan septum. Katup jantung berfungsi terutama agar darah yang telah terpompa tidak kembali masuk ke dalam lagi.

Perjalanan Darah di dalam Jantung



Jalan darah melalui jantung dimulai di vena kava superior. Kemudian darah akan memasuki atrium kanan, mengalir melalui katup trikuspid menuju ke ventrikel kanan. Dari sana darah melanjutkan perjalanan melalui katup pulmonal ke dalam arteri pulmonalis, dan kemudian memasuki paru-paru. Setelah darah melakukan pertukaran udara di paru-paru, darah kembali menuju jantung melalui vena pulmonalis dan masuk ke dalam atrium kiri. Darah kemudian mengalir melalui katup mitral masuk ke ventrikel kiri yang merupakan bilik jantung yang paling kuat. Dari sana, darah akan dipompa melalui katup aorta dan ke aorta lalu keluar menuju ke seluruh tubuh.
- lihat video nya juga ya :)




Sistem Kelistrikan pada Jantung

Jantung adalah sebuah otot, dan seperti semua otot lainnya, ketika mendapatkan aliran impuls listrik, otot jantung akan berkontraksi (memendek). Ketika otot jantung berkontraksi, akan menyebabkan darah yang ada di dalamnya terpompa melalui jalur yang terdapat di dalam jantung.

Dua elektrolit tubuh utama yang terlibat dalam proses terjadinya impuls listrik di dalam jantung adalah natrium dan kalium. Selain dua elektrolit utama tersebut, terdapat elektrolit lainnya yang juga membantu dalam menciptakan perbedaan potensial listrik ini yaitu kalsium dan magnesium namun peran utama tetap menjadi milik natrium dan kalium.

Kalium biasanya banyak terdapat di dalam sel, dan natrium banyak terdapat di luar sel. Melalui beberapa mekanisme tertentu, kalium perlahan akan keluar ke luar sel dan natrium kemudian masuk ke dalam sel. Hal ini menciptakan potensial listrik yang berbeda yang terus meningkat sampai pada titik pelepasan impuls listrik.

Pertukaran elektrolit terjadi di seluruh sel-sel khusus di dalam jantung, membuat potensial listrik yang berbeda di kedua sisi sel tersebut. Saat potensial listrik ini mencapai ambang batas tertentu, potensial ini akan dilepaskan dan akan dikirimkan melalui sel-sel unik lainnya yang terdapat di dalam jantung, dan menyebabkan kontraksi otot-otot jantung.

Kumpulan beberapa sel tertentu yang mengatur denyut jantung disebut nodus sinoatrial atau nodus SA. Nodus SA merupakan alat pacu jantung alami yang terletak di bagian atas atrium kanan dekat pintu masuk vena kava superior.

Ketika nodus SA mengirimkan sinyal listrik, sinyal listrik ini akan dengan segera mempengaruhi atrium dan menyebabkan atrium berkontraksi. Sinyal listrik tersebut kemudian akan menuju ke seperangkat sel yang disebut nodus Atrioventricular, atau nodus AV. Dari nodus AV impuls listrik kemudian akan menjalar ke berkas His yang akan bercabang ke bagian kanan dan kiri jantung. Setelah itu impuls listrik akan menjalar ke seluruh ventrikel melalui serabut Purkinje. Semuanya ini bersama-sama akan menyebabkan atrium berkontraksi, dan kemudian ventrikel berkontraksi setelahnya.

Kontraksi atrium yang dimulai lebih dulu dibanding ventrikel ini sangat penting bagi hidup kita. Hal ini akan menyebabkan darah yang dipompa atrium terus mengalir ke depan melalui jalurnya ke ventrikel dan bersama-sama dengan mekanisme penutupan katup jantung, mencegah darah dari ventrikel kembali ke atrium.
Nah...teman-teman sudah mengerti kan bagaimana cara kerjanya, jadi saat kita ketemu Gebetan kita atau seseorang yang kita suka trus terdengar bunyi Dag-Dig-Dug (kata BLINK) itu bukanlah reaksi dari hati kita, melainkan Respon dari jantung kita, yang disebabkan ketegangan yang sedang kita alami, sehingga memacu jantung untuk memompa darah lebih cepat lagi, seperti itu.....


  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar